Mengonsumsi makanan yang berserat sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sistem metabolisme tubuh jadi normal dan berjalan lancar dengan adanya asupan serat yang cukup dalam tubuh. Dengan demikian, penuhilah kebutuhan serat untuk tubuh agar kondisi kesehatan tetap normal dan terhindar dari berbagai jenis gangguan kesehatan. Kebugaran tubuh juga terjaga jika mengonsumsi makanan kaya serat berikut ini.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat mengonsumsi makanan yang berserat memang sangat banyak. Salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Serat mampu meningkatkan berat serta ukuran dari feses karena serat menyerap air, sehingga membuat feses lebih lunak dan akhirnya lebih mudah dikeluarkan melalui anus.

Berkaitan dengan hal tersebut, feses yang keras bisa menjadi tanda jika Anda kurang mengonsumsi makanan berserat. Jika dibiarkan terus-menerus, maka hal ini dapat menimbulkan sembelit. Sembelit yang tidak diobati bisa berkembang menjadi wasir yang membuat Anda merasa sakit saat proses BAB ataupun saat duduk.

  1. Menurunkan Kolesterol
READ  Kenali Pantangan Maag Agar Tidak Kambuh Saat Sibuk!

Serat dalam bentuk larut air sangat berperan penting menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh yang biasanya memicu penyakit kardiovaskular. Serat yang larut air dapat mengikat kolesterol pada sistem pencernaan, sehingga kolesterol tidak sempat diserap oleh tubuh, melainkan dibuang keluar tubuh lewat feses. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tinggi serat bisa menurunkan tekanan darah juga peradangan. Dengan demikian, risiko penyakit jantung, serangan jantung, ataupun stroke, bisa diturunkan.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Dikutip dari hellosehat.com, serat bisa memperlambat pengosongan lambung, sehingga bisa memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, dan menjaga agar kadar gula darah tidak cepat naik. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat hariannya akan terhindar dari terkena diabetes tipe 2 yang merupakan penyakit dalam jangka panjang. Risiko diabetes tipe 2 bagi Anda yang punya riwayatnya juga bisa dicegah lebih optimal dengan rajin mengonsumsi makanan berserat.

  1. Membantu Membentuk Berat Badan Normal
READ  Distonia adalah Gerakan Tidak Sadar? Inilah Penjelasannya

Makanan yang berserat cenderung bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang mengandung serat rendah dan tinggi gula. Hal ini menjadikan Anda bisa makan lebih sedikit. Perasaan kenyang tersebut membuat otak tidak mengirim sinyal untuk makan lagi. Selain itu, pada umumnya serat mengandung kalori yang memang lebih rendah, sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu besar. Makan makanan yang kaya serat bisa membantu Anda menurunkan berat badan atau mencegah Anda mengalami obesitas atau kegemukan.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Memang, tidak ada hubungan langsung antara mengonsumsi makanan yang berserat dengan risiko kanker usus besar. Meskipun demikian, terdapat manfaat bahwa makanan berserat mampu melancarkan sistem pencernaan, termasuk proses BAB. Dengan demikian, usus akan bersih karena tidak ada penimbunan feses yang nantinya bisa menjaga kesehatan usus secara otomatis. Anda akan terhindar dari kemungkinan risiko terkena gangguan usus yang berupa infeksi. Bahkan, risiko peradangan usus buntu yang salah satunya dipicu oleh penimbunan feses juga dapat dicegah.

READ  Yuk Intip Gejala Dan Pencegahan Yang Dapat Dilakukan Bagi Pasien Epidermolisis Bulosa

Kondisi kesehatan tubuh harus diutamakan dan dipikirkan agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar dan tanpa merasakan sakit akibat gangguan kesehatan. Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur karena mengandung banyak serat. Jenis makanan yang berserat lainnya juga bisa ditemukan dalam oat, kacang-kacangan, dan olahan gandum.

 

Sumber Artikel:

hellosehat.com

www.merdeka.com

 

Sumber Gambar:

tampang.com

www.honestdocs.id