Dilasir dari laman Sehatq, serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak dan karbohidrat biasa yang dapat diserap dan dipecah oleh organ tubuh, tidak demikian halnya dengan serat. Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah anda makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus. Serat memiliki kemampuan melewati usus dengan cepat tanpa perlu dicerna terlebih dahulu.

Serat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni serat larut dan tidak larut air. Serat larut adalah serat yang ketika berada dalam pencernaan dapat menyerap cairan sehingga mengubahnya menjadi lebih kental dan massanya akan berubah bentuk seperti gel. Sedangkan serat tidak larut adalah serat yang dapat memberikan kelancaran pada proses pencernaan karena perannya untuk membersihkan saluran cerna.

Ada berbagai macam sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang tergolong merupakan makanan yang mengandung serat. Pada sayuran antara lain wortel, buncis, seledri, bayam, lobak, brokoli dan tomat. Pada buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, nangka, mangga, dan buah persik. Sedangkan pada biji-bijian seperti beras merah dan sereal oatmeal

Serat memiliki banyak manfaat yang dengan ajaibnya membantu tubuh kita menjalankan perannya dengan sebaik mungkin. Ingin tahu keajaiban makan makanan mengandung serat? Simak penjelasan di bawah ini.

  1. Mendapatkan Berat Badan Ideal
READ  ¬†Gejala, Proses Diagnosis, dan Cara Mengatasi Distonia

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu masalah yang sulit dikendalikan. Untuk seseorang yang mengalami obesitas, mempunyai badan ideal dan normal menjadi sebuah dambaan. Maka dengan makan yang mengandung serat ini dapat berperan sebagai asupan nutrisi yang lebih baik ketimbang makanan dengan kandungan tinggi kalori.

 

  1. Mengefisienkan Proses Detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan sebuah usaha penetralan toksin atau racun di dalam tubuh. Bersamaan dengan sisa makanan yang teringgal di dalam usus dan belum mengalami fermentasi oleh bakteri, serat bekerja untuk mengurangi endapan kotoran yang ada pada usus dan membebaskan racun di dalamnya.

  1. Mencegah Konstipasi dan Melancarkan Percernaan

Konstipasi atau sembelit yang tidak segera diatasi maka akan menimbulkan penyakit yang berkelanjutan, seperti wasir. Oleh sebab itu, serat sangat penting bagi tubuh karena sifatnya yang dapat menyerap air, menjadikan feses kian lunak dan lebih mudah dikeluarkan anus.

READ  Distonia adalah Gerakan Tidak Sadar? Inilah Penjelasannya

 

  1. Risiko Diabetes Tipe 2 akan Menurun

Diabetes tipe 2 merupakan sebuah penyakit yang disebabkan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Insulin ini hormon yang ada pada pankreas, yang bekerja untuk mengendalikan kadar gula darah.

Proses ini terjadi ketika serat yang masuk ke dalam tubuh hanya akan melewati saluran pencernaan dan tidak memerlukan proses pencernaan, maka makanan berserat memiliki kecenderungan tidak bisa menaikkan kadar gula seperti makanan yang mengandung nutrisi selainnya. Bagi penderita diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk makan yang mengandung serat secara alami mengingat manfaatnya yang begitu luar biasa.

 

  1. Pencegahan pada Kemungkinan Polip Usus

Penyakit ini disebabkan oleh usus yang mengalami peradangan. Peradangan terjadi karena menumpuknya berbagai jenis makanan pada usus karena tidak dikeluarkan menjadi feses. Selain itu, penumpukan berbagai jenis makanan ini tentunya menghadirkan bakteri dan jamur di dalam tubuh sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Ditambah apabila pemberian obat terlambat dilakukan. Maka serat di sini sangat berperan penting agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

READ  Kiat-Kiat Cara Mengobati Epididimitis Yang Layak Dipertimbangkan Untuk Dicoba

 

Mengingat betapa ajaibnya fungsi serat, namun apabila mengkonsumsi makanan berserat dilakukan secara ngawur dan berlebih juga akan sangat berbahaya. Untuk itu, perlu sekali mengetahui kadar serat yang dibutuhkan tubuh perharinya dan tentunya menyesuaikan usia masing-masing.

  • Pada anak-anak usia 1-3 tahun memerlukan serat 16 g
  • Pada anak-anak usia 4-10 tahun memerlukan sekitar 20-25 mg perhari.
  • Pada remaja memerlukan sekitar 30-35 gr perhari.

 

Sedangkan berdasarkan jenis kelaminnya, kebutuhan serat juga berbeda. Pada laki-laki memerlukan 38 g perhari. Sementara untuk perempuan usia di bawah 50 tahun memerlukan 25 g setiap harinya. Serat memang baik bagi tubuh. Namun, segala sesuatu yang baik tetap ada porsinya.

 

Sumber Gambar : intermountainhealthcare.org